Strategi Pemasaran Bandeng Presto UMKM Gaga Lestari Desa Pantai Sederhana Muara Gembong Bekasi

Main Article Content

Muhammad Junaid Kamaruddin
Fauziah
Galuh Sukmaranti

Abstract

Kehadiran UKM merupakan dasar bagi pertumbuhan banyak negara di dunia,  termasuk Indonesia. Dalam sepuluh tahun terakhir ini, kehadiran UKM di indonesia meningkat dengan pesat. Usaha Mikro , kecil dan Menengah (UMKM) tumbuh subur di sejumlah daerah. Ini terlihat dari data yang dilaporkan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), total UMKM di Indonesia tembus 8,71 juta unit usaha pada 2022.  Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Pantai Sederhana dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan strategi pemasaran bandeng presto bagi UMKM Gaga Lestari, selain meningkatkan perekonomian industri rumah tangga juga memperkenalkan desa pantai sederhana sebagai penghasil ikan bandeng. Tujuan program pengabdian kepada masyarakat  adalah untuk memberikan pelatihan produk olahan bandeng presto agar memiliki daya jual yang bernilai tinggi melalui strategi pemasaran yg terukur, sistematis dan berkelanjutan. Program pengabdian masyarakat dilakukan melalui bimbingan teknis dan pelatihan secara langsung pada mitra UMKM Gaga Lestari. Hasil luaran yang ditargetkan pengabdian masyarakat adalah  produk makanan unggulan bandeng presto UMKM Gaga Lestari dikenal masyarakat luas selain meningkatkan perekonomian mitra.

Article Details

Section
Articles